Materi Mempelajari Pengertian Dan Manfaat Promosi Penjualan Produk Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Mempelajari Pengertian Dan Manfaat Promosi Penjualan Produk Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Mempelajari Pengertian Dan Manfaat Promosi Penjualan Produk Usaha Kerajinan Berbentuk Bangun Ruang dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!
Materi Mempelajari Pengertian Dan Manfaat Promosi Penjualan Produk Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA |
"If opportunity doesn’t knock, build a door"-Milton Berle, "Jika Kesempatan itu tidak datang maka buatlah pintu untuk kesempatan itu" maksud dari sebuah kutipan dari seorang pelawak dan aktor Amerika pada tahun 80an sangat dapat kita jadikan pegangan dalam memasarkan usaha kalian. Jika kesempatan dalam memasarkan usaha kalian tertutup atau tidak ada kesempatan sama sekali, maka tugas kalian adalah menciptakan kesempatan itu. Bahkan Phineas Taylor Barnum seorang pemain teater asal Amerika Serikat yang dengan kecerdasan, kelihaiannya dapat mentransformasi sebuah bisnis hiburan sirkus mengatakan, "Without promotion, something terrible happens... nothing!", "tanpa sebuah promosi, sesuatu yang buruk dapat terjadi, pastikan itu tidak akan terjadi" tuturnya. Promosi menjadi hal penting dalam memasarkan sesuatu apapun itu, baik itu sebuah usaha, produk bahkan promosi untuk pribadi sendiri (personal branding). Modul ini selain berfungsi sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) juga dapat digunakan sebagai media pendukung dan latihan dalam menetapkan strategi promosi apa yang kalian pilih untuk mengembangkan usaha kalian.
Materi dalam modul ini menjelaskan kepada kalian bagaimana menyusun strategi promosi yang baik meliputi proses pengambilan keputusan promosi yang diambil dan membahas pengaruh secara internal dan eksternal dapat membentuk keputusan dalam memilih strategi promosi. Modul ini dirancang agar kalian dapat mulai secara kritis mempertimbangkan pengambilan keputusan terkait promosi apa yang kalian pakai dalam usaha kalian sendiri.
Dalam mempelajari dan menggunakan modul ini kalian harus cermat dalam membaca dan mempelajari materi, karena setiap bagian dalam modul berisi langkah-langkah dalam merencanakan dan memulai usaha kalian dalam memanfaatkan limbah barang berbentuk bangun ruang. Semoga kalian dapat menerapkan modul ini sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan kalian.
Istilah
- Promosi : Suatu akitivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut
- Periklanan (Advertising) : Bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
- Penjualan Tatap Muka (Personal Selling) : Bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
- Publisitas (Publisity) : Suatu bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah).
- Promosi Penjualan (Sales promotion) : Suatu bentuk promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
- Pemasaran Langsung (Direct marketing) : Suatu bentuk penjualan perorangan secara langsung ditujukan untuk mempengaruhi pembelian konsumen.
- ATL (Above The Line) : Aktivitas pemasaran atau promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image yang diinginkan.
- BTL (Below The Line) : Aktivitas pemasaran atau promosi yang dilakukan di tingkat pengecer yang bertujuan untuk menarik konsumen supaya menggunakan atau membeli produk.
A. Tujuan Pembelajaran
B. Uraian Materi
Pengertian Promosi
Mengapa butuh promosi?
Memperkenalkan Diri
Mempengaruhi dan Membujuk
Mengingatkan
- Periklanan (Advertising), yaitu bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
- Penjualan Tatap Muka (Personal Selling), yaitu bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
- Publisitas (Publisity), yaitu suatu bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah).
- Promosi Penjualan (Sales promotion), yaitu suatu bentuk promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
- Pemasaran Langsung (Direct marketing), yaitu suatu bentuk penjualan perorangan secara langsung ditujukan untuk mempengaruhi pembelian konsumen.
- Menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan (category need).
- Memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen (brand awareness).
- Mendorong pemilihan terhadap suatu produk (brand attitude).
- Membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk (brand purchase intention).
- Mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain (purchase facilitation).
- Menanamkan citra produk dan perusahaan (positioning).
Perbedaan ATL dan BTL
- Target audiens yang luas
- Lebih untuk menjelaskan sebuah konsep atau ide. Tidak ada interaksi langsung dengan audiens.
- Media yang digunakan biasanya TV, Radio, Majalah, Koran, Billboard, media online, internet bisa lewat website, blog ataupun sosmed.
- Target Audiens Terbatas
- Media atau kegiatannya memberikan audiens kesempatan untuk merasakan, menyentuh atau berinteraksi bahkan langsung action membeli.
- Media yang digunakan Event, Sponshorship, Sampling, Point of Sale (POS) materals, Consumer Promotion, Trade Promotion dan lain-lain.
C. Rangkuman
- Periklanan (Advertising)
- Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)
- Publisitas (Publisity)
- Promosi Penjualan (Sales promotion)
- Pemasaran Langsung (Direct marketing)
- category need
- brand awareness
- brand attitude
- brand purchase intention
- purchase facilitation
- positioning
D. Latihan Soal
Kunci Jawaban
Pembahasan
- Penjual menyajikan informasi-informasi tentang suatu produk secara lansung kepada konsumen (face-to-face) sehingga kita akan mendapatkan efek dan feedback yang secara cepat dapat kita tindak lanjuti.
- Menjual produk tidak boleh dilakukan dengan memaksa karena disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen
- Bentuk dari perilaku dari konsumen yang berkeinginan untuk membeli atau memilih sebuah produk yang didasari oleh pengalaman, penggunaan dan keinginannya pada suatu produk. ... Minat transaksional konsumen berniat untuk melakukan pembelian pada suatu produk.
- 4Sebuah iklan yang dibuat oleh perusahaan untuk menarik pelanggan
- Upaya pengaturan ruang editorial agar terpisah dari ruang lainnya dengan semua media yang dibaca, dilihat, dan didengar konsumen
E. Penilaian Diri
- kelebihan dan kekurangan promosi penjualan
- manfaat promosi bagi konsumen
- fungsi promosi informing
- manfaat promosi brainly
- media promosi
- tahapan promosi
- pengertian promosi
- promosi secara langsung