Materi Menggali Ide Dan Peluang Kerajinan Berdasarkan Kebutuhan Dan Kerajinan Pasar Lokal Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA
Materi Menggali Ide Dan Peluang Kerajinan Berdasarkan Kebutuhan Dan Kerajinan Pasar Lokal Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Menggali Ide Dan Peluang Kerajinan Berdasarkan Kebutuhan Dan Kerajinan Pasar Lokal dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!
Materi Menggali Ide Dan Peluang Kerajinan Berdasarkan Kebutuhan Dan Kerajinan Pasar Lokal Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA |
Kalian adalah penerus bangsa yang sangat cerdas, maka kecerdasan kalian pergunakan untuk mengembangkan diri sendiri dan bangsa. Materi prakarya dan kewirausahaan menanamkan jiwa kepemimpinan dan kreatifitas yang tinggi dalam mengembangkan diri, dapat berupa mengembangkan usaha sendiri atau kelompok. Salah satu usaha yang dapat dikembangkan adalah dari aspek kerajinan, dimana didalamnya kalian dapat menyusun perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal, meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran, manfaat materi ini dapat kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan bisa menjadi sumber pendapatan diusia muda, selamat mempelajari dengan semangat!
Istilah
- Bagan : Gambar rancangan, skema, diagram yang memperlihatkan informasi sebagai serangkaian garis atau blok.
- Kerajinan : Kegiatan yang menitik beratkan kepada keterampilan
- Grafik : Lukisan pasang surut suatu keadaan dengan garis atau gambar (tentang turun naiknya hasil, statistik, dan sebagainya)
- Riset : Pengamatan atau penelitian
- strenght : Kekuatan produk
- weeknws : Kelemahan produk
- Opportunity : Peluang suatu produk
- Threat : Hambatan yang mempengaruhi suatu produk
- modifikasi : Cara merubah produk dari yang kurang menarik menjadi lebih menarik
- Varian : Beraneka ragam atau banyak jenis dari produk
- Analisis : Proses pemecahan suatu masalah
- Perencanaan : Proses
- Wirausaha : Aktivitas dalam mengelola produk
- Kreatif : Menciptakan sesuatu yang berbeda
- Inovatif : Memulai sesuatu yang baru
- Ide : Gagasan
- Peluang : Kesempatan
A. Tujuan Pembelajaran
B. Uraian Materi
- Mempunyai nilai jual tinggi.
- Bukan hanya sekedar ambisi tetapi harus bersifat nyata.
- Bisa bertahan lama atau berkelanjutan di pasar,
- Skala usaha itu dapat diperbesar atau ditingkatkan.
- Tidak terlalu banyak modal yang digunakan, investasinya tidak terlalu besar tetapi sangat berpotensi menguntungkan dan lain sebagainya.
- Peluang usaha tidak meniru orang lain tetapi asli hasil riset dan pemikiran diri sendiri.
- Peluang harus dapat mengantisipasi perubahan persaingan di pasar.
- Adanya keyakinan dapat mewujudkannya.
- Peluang itu harus sesuai dengan kehendak.
- Kelayakan usaha tersebut telah teruji.
- Adanya rasa senang apabila menjalankannya.
- Wawasan atau pengetahuan yang ada pada diri sendiri
- Pengalaman pada dunia bisnis atau usaha
- Pengalaman dan kemampuan ketika menyelesaikan suatu masalah
- Kemampuan atau pemahaman terhadap sesuatu atau situasi kondisi
- Masalah yang muncul dan dihadapi dan belum terselesaikan
- Kesulitan dalam mencari solusi masalah
- Pemikiran yang baik untuk membuat sesuatu yang baru dari suatu kondisi
- Keperluan yang belum tercapai atau terpenuhi untuk diri sendiri ataupun orang lain.
Riset Pasar
Analisa SWOT
Analisis SWOT dapat menentukan strategi pengembangan usaha ( produk kerajinan ) dalam jangka panjang sehingga arah tujuan dapat dicapai dengan jelas dan dapat dilakukan pengambilan keputusan secara tepat
- Totebag yang di produksi dapat didesain oleh konsumen sesuai keinginannya, sehingga satu Totebag dengan yang lainnya mempunyai keunikan atas desainnya masing – masing.
- Bahan kanvas dan blacu merupakan bahan berkualitas tinggi, yang memiliki umur pemakaian yang relatif lama.
- Harga yang ditawarkan masih dalam kisaran harga dipasaran, sehingga terjangkau oleh semua kalangan.
- Waktu yang dibutuhkan untuk produksi barang cukup memakan waktu yang lama.
- Kuota bahan baku tidak tetap.
- Keinginan anak muda akan sesuatu barang yang simple dan tidak ribet.
- Banyak orang yang menginginkan barang dengan desainnya sendiri.
- Banyaknya brand sejenis dengan kualitas produk kurang baik.
- Dijaman era digital dewasa ini, membuat pesaing dapat dengan mudah melihat produk.
- Banyak pesaing yang menjual produk yang sama.
C. Rangkuman
- Ada dua faktor yang mempengaruhi munculnya inspirasi peluang usaha, yakni faktor internal dan faktor eksternal.
- Riset pasar sangat dibutuhkan untuk membantu dalam menyusun perencanaan usaha sebelum memulai satu usaha.
- Salah satu cara untuk menganalisis peluang usaha adalah dengan melakukan SWOT Analisis.
- Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pengembangan usaha (produk kerajinan) sebagai alat penyusun strategi.
- Analisis SWOT didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang tetapi secara bersamaan dapat menimbulkan kelemahan dan ancaman
D. Penugasan Mandiri
E. Latihan Soal
- Keinginan anak muda akan sesuatu barang yang simple dan tidak ribet
- Harga yang ditawarkan masih dalam kisaran harga dipasaran, sehingga terjangkau oleh semua kalangan.
- Banyak orang yang menginginkan barang dengan desainnya sendiri
- Dijaman era digital dewasa ini, membuat pesaing dapat dengan mudah melihat produk.
- Desain produk, kemasan dll
- Pengumpulan data
- Analisis
- Pelaporan yang sistematis
- Menganalisis kelemahan
- Menganalisis kekuatan
Kunci Jawaban Latihan Soal Kegiatan Pembelajaran 2
F. Penilaian Diri
- contoh ide dan peluang usaha kerajinan pasar lokal
- yang termasuk faktor eksternal dalam menentukan ide dan peluang adalah
- skema proses dalam perencanaan usaha kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan
- tantri wirausahawan dari daerah sumatera
- pasar lokal merupakan salah satu tempat yang sangat strategis untuk pengembangan produk
- contoh kerajinan pasar lokal
- wirausahawan yang mampu berkembang adalah wirausahawan yang selalu
- mirza menciptakan produk kerajinan aksesoris