Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Ide Dan Peluang Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Fungsional Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA

Materi Ide Dan Peluang Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Fungsional Meliputi Ide dan Peluang Usaha, Sumber Daya, Administrasi, dan Pemasaran Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Ide Dan Peluang Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Fungsional dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Ide Dan Peluang Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Fungsional Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA
Materi Ide Dan Peluang Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Fungsional Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA

Abad 21 merupakan abad yang penuh dengan persaingan, baik berupa perdagangan maupun teknologi, setiap orang berlomba untuk menciptakan produk yang canggih dan bermanfaat, oleh karena itu diperlukan kreatifitas dan inovasi yang tinggi, produk kerajina sudah mulai banyak dikenal oleh internasional bahwan sudah banyak wirausahawan yang memasarkan produk kerajinannya ke berbagai mancanegara.  

Modul pembelajaran ini akan mempelajari mengenai perencanaan usaha kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global. Ayo Kalian pasti mampu bersaing dan memiliki kreatifitas dan inovasi yang baik. 

Selamat mempelajari dengan semangat! 

Istilah

  • Bagan : Gambar rancangan, skema; diagram yang memperlihatkan informasi sebagai serangkaian garis atau blok. 
  • Fluktuasi : Gejala yang menunjukkan turun-naik nya harga; keadaan turun naiknya harga dan sebagainya 
  • kerajinan : Kegiatan yang menitik beratkan kepada keterampilan 
  • Riset : Pengamatan atau penelitian 
  • strenght : Kekuatan produk 
  • weeknws : Kelemahan produk 
  • Opportunity : Peluang suatu produk 
  • Threat : Hambatan yang mempengaruhi suatu produk 
  • modifikasi : Cara merubang produk dari yang kurang menarik menjadi lebih menarik 
  • Varian : Beraneka ragam atau banyak jenis dari produk 
  • Analisis : Proses pemecahan suatu masalah 
  • Perencanaan  : Proses  
  • Wirausaha : Aktivitas dalam mengelola produk 
  • Kreatif : Menciptakan sesuatu yang berbeda 
  • Inovatif : Memulai sesuatu yang baru 
  • Ide : Gagasan 
  • Peluang : Kesempatan 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah memperlajari materi ini diharapkan kalian dapat : 
  1. Menjelaskan pengertian pasar global. 
  2. Menjelaskan pengertian kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan. 
  3. Mengidentifikasi kerajinan berdasarkan kebutukan dan keinginan. 

B. Uraian Materi 

Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran ini diharapkan kalian dapat  
  1. Menjelaaskan ide dan peluang dari kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan. 
  2. Mengidentifikasi ide dan peluang berdasarkan riset pasar. 
  3. Menjelaskan analisis SWOT. 

B. Uraian Materi 

1. Ide dan Peluang 

Ide dan peluang  usaha adalah sebagai berikut. Pengertian ide usaha adalah gagasan atau pemikiran yang baru dalam menciptakan suatu produk/jasa yang berpotensi sumber keuntungan dan memiliki peluang  yang besar, maka untuk menimbulkan gagasan kita lakukan terlebih dahulu riset pasar, 
Riset ini dimaksudkan untuk membantu dalam langkah-langkah perencanaan usaha yang akan kalian lakukan dalam merencanakan usaha kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan yang akan dipasarkan ke pasar global. 

Kalian perhatikan Bagan riset pasar dibawah ini! 
•Identifikasi suatu masalah ialah sebuah pertanyaan lengkap dan terperinci tentang ruang lingkup masalah yang akan diteliti berdasarkan kerajinan Perumusan Masalahtersebut
•Kegiatan yang merencanakan apa yang akan kita lakukan agar kita tidak sering 
Penentuan kehilangan arah. Tujuan yang ditetapkan harus jelas khas dan spesifikTujuan
•Aktivitas mencari data yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan penelitian, pengumpulan data dapaat dilakukan dengan cara observasi, survey, Pengumpulan Data wawancara dan menyebarkan angket atau kuesioner.
•Suatu proses atau upaya untuk mengolah data menjadi informasi baru sehingga karakteristik data menjadi lebih mudah  untuk memeriksa, membersihkan, Analisis Data mengubah, dan membuat.
•Sebuah bentuk dari kegiatan untuk melakukan penggabungan terhadap sebuah hasil dari analisis dengan berbagai macam pertanyaan, kriteria, maupun
Interpretasi pada sebuah standar tertentu guna untuk dapat menciptakan sebuah makna Hasil dari adanya sebuah data yang telah dikumpulkan oleh individu atau kelompok.
  
Coba kalian perhatikan bagan berikut! 
   
 
Gambar 1.  riset pasar, researchGate 
https://www.mikirbae.com/2016/04/perencanaan-wirausaha-produkfungsional.html 
 
Disajikan contoh riset pasar yang dikembangkan dalam skema langkah-langkah perencanaan usaha. 
Table 1.  Pengembangan perencanaan usaha 

1. Riset Pasar Kerajinan berbahan dasar kulit sapi banyak diminati berbagai kalangan erutama yang berbentuk sepatu 
2. Hasil Riset Kulit sapi  harganya yang relatif lebih rendah dan sesuai untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan sepatu 
3. Pengembangan Produk Bersaing dengan inovasi dengan menciptakan inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya. 
4. Hasil Rancangan Menciptakan produk-produk baru yang dapat digunakan orang lain. 
5. Bahan Kulit sapi 
6. Peralatan Mesin jahit, jarum, benang, pola 
7. Cara Kerja Pilih jenis kulit yang akan digunakan, buat pola sepatu sesuai ukuran kaki, jahit kulit tersebut dan tambah asesoris 
8. Produk
Sepatu 
9. Distribusi Produsen -> Sole Agent -> Sales Force -> Konsumen Akhir 
10. Pemasaran Kerajinan  ts rotan dihargai berkisar Rp. 150.000 – Rp. 350.000,- 
11. Evaluasi Dibutuhkan desain baru yang memiliki estetika tinggi dan unik 

2. Analisa SWOT  

Analisis SWOT adalah suatu analisa terhadap lingkungan internal dan eksternal wirausaha. 
Analisa internal lebih menitikberatkan pada  
  • Kekuatan (strenght) 
  • Kelemahan (weakness) 
Analisa eksternal untuk menggali dan mengidentifkasi semua gejala  
  • Peluang (opportunity) yang ada dan yang akan dating. 
  • Ancaman (threat) dari adanya/kemungkinan adanya pesaing/calon pesaing 
Perhatikan bagan berikut ini: 
  

Gambar 2.  Analisis SWOT, (Sumber: https://www.kompasiana.com/heriyanto_rantelino/54f346e17455137e2b6c6f20/analisis-swot-analisis-jitubagi-para-pelaku-bisnis?page=all) 
 
Setelah menganalisis produk berdasarkan analisis SWOT maka akan menimbulkan sebuah kejadian yang akan menemukan peluang berasal dari kesempatan yang muncul dan menjadi ide bagi seseorang.  
 
Perhatikan contoh berikut! 

Analisis SWOT didahului oleh proses identifkasi faktor eksternal dan internal. Untuk menentukan strategi yang terbaik, dilakukan pembobotan terhadap tiap unsur SWOT berdasarkan tingkat kepentingan. Analisis SWOT dilakukan dengan mewancarai pedangang dengan menggunakan kuisioner.  

Hal-hal yang perlu diwawancarai seperti aspek sosial, ekonomi, dan teknik pembuatan rendang untuk mengidentifkasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberhasilan usaha. Hasil contoh studi kasus analisis SWOT untuk usaha pembuatan kerajinan sebagai berikut :  
 
Tabel 2.  Analisis SWOT kerajinan sepatu 
 
Strenght ( Kekuatan) 
  1. Citra produk sepatu bata yang sudah terkenal dikalangan masyarakat (konsumen) 
  2. Perusahaan telah memiliki Kode etik yang harus ditaati oleh SEMUA karyawan 
  3. Perusahaan berkomitmen untuk review Ikut membantu Anak-Anak Kurang Mampu through program Anak Bata 
  4. Kami memperkuat kehadiran Kami hearts Dunia digital 
Weekness (Kelemahan) 
  1. Produk yang ditawarkan bersifat monoton dari produk-produk sebelumnya.  
  2. Kurangnya kesadaran karyawan dibagian produksi terhadap kualitas produk yang dihasilkan akibat mengejar produk target.  
  3. Pelatihan yang dilakukan belum secara optimal 
Opportunity ( Peluang )
  1. Keikutsertaan Indonesia pada AFTA, APEC, dll 
  2. Indonesia menggunakan sistem perdagangan bebas ekspor dan impor3. Kebijakan pemerintah yang mendukung ekspor dan impor 
  3. Pendapatan perkapita Indonesia yang cenderung naik 
  4. Sepatu dan sandal kebutuhan utama masyarakat sehari-hari 
  5. Berkembangnya e-Commerce memberi kesempatan pada Bata e-Commerce Produk yang awet sehingga tidak cepat dibuang Bahan Sol sepatu yang ramah lingkungan 
Threats ( Hambatan) 
Sumber daya manusia, banyak perusahan baru yang memproduksi sepatu 
 
Sumber : https://www.academia.edu/36496575/ANALISA_SWOT_SEPATU 

C. Rangkuman 

  1. Untuk menggali gagasan maka kegiatan yang dilakukan untuk memulai wirausaha dengan melalui tahapan analisis yang meliputi  riset pasar dan analisis SWOT 
  2. Skema wirausaha kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan pasar global Riset pasar         hasil riset pengembangan produk hasil rancangan proses produksi produk 
  3. Analisis SWOT meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaaman/hambatan 
  4. Analisis SWOT akan membantu dalam mengambil keputusan produk yang akan di produksi 

D. Penugasan Mandiri 

Untuk lebih memahami perencanaan usaha, coba kalian buat skema perencanaan usaha kerajinan berdasarkan kebutuhan atau keinginan yang berasal dari daerah kalian yang dapat dipasarkan ke pasar global! 

E. Latihan Soal  

Pilihlah jawaban yang paling benar dari soal dibawah ini ! 

1. Persaingan di abad 21 memerlukan kreatifitas yang tinggi karena memiliki persaingan yang besar, oleh karena itu harus memiliki banyak referensi untuk memulai usaha dibidang kerajinan pada masa ini, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah … … 
a. Peluang  
b. Kelemahan 
c. Kekuatan   
d. Ancaman 
e. Hambatan 
 
2. Wirausahawan kerajinan bamboo ingin melakukan riset pasar dengan bahan baku bamboo  kuning, maka tahapan yang benar yang dilakukan wirausahawan ini adalah … 
a. Riset pasar,  hasil riset, pengembangan produk, hasil rancangan,  proses produksi, produk. 
b. Riset pasar,  hasil riset , hasil rancangan, pengembangan produk, proses produksi,  produk. 
c. Riset pasar,  hasil rancangan, hasil riset,  pengembangan produk, proses produksi, produk. 
d. Riset pasar,  hasil rancangan,  pengembangan produk, proses produksi, produk. 
e. Riset pasar,  hasil riset,  pengembangan produk, proses produksi, produk 
 
3. Riset pasar atau riset pemasaran dilakukan untuk mengetahui.... 
1. Desain produk, kemasan dll 
2. Pengumpulan data 
3. Analisis  
4. Pelaporan yang sistematis 
5. Menganalisis kelemahan 
6. Menganalisis kekuatan 
Dari pernyataan diatas yang benar adalah … 
a.  1,2,3,4 
b. 1,2,3,5 
c. 1,2,3,6 
d. 2,3,4,5 
e. 2,3,4,6 
 
5.  Sebelum menentukan produk apa yang akan diproduksi maka lakukan terlebih dahulu analisis,  maka analisis  yang dilakukan untuk membantu dalam  membuat keputusan adalah …. 
a. Analisis internal. 
b. Analisis eksternal. 
c. Analisis SWOT. 
d. Riset pasar. 
e. Merancang produk. 
 
Kunci JawabanLatihan Soal 2 
 
1. A 
2. E 
3. A 
4. A 
5. D 
 

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda (√) pada kolom dibawah ini! 

 
 Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran. 
Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Ide Dan Peluang Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Fungsional Meliputi Ide dan Peluang Usaha, Sumber Daya, Administrasi, dan Pemasaran Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Materi Ide Dan Peluang Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Fungsional File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.rumpunnews.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • perencanaan usaha makanan fungsional
    • skema proses dalam perencanaan usaha makanan fungsional pada tahap pertama adalah
    • contoh perencanaan usaha pengolahan makanan
    • contoh laporan produk makanan
    • konsep makanan fungsional
    • pengertian pengolahan bahan pangan
    • makanan fungsional khas daerah
    • memulai usaha dibidang makanan fungsional dilakukan analisis terhadap produk tersebut