Materi Strategi Promosi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Strategi Promosi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Strategi Promosi dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!
Materi Strategi Promosi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA |
Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang strategi promosi makanan asli daerah.
Perlu kita pahami bahwa pemasaran tidak hanya berhubungan dengan produk, harga produk, dan pendistribusian produk, tetapi terkait pula dengan mengomunikasikan produk ini kepada konsumen agar produk dikenal dan pada akhirnya dibeli. Untuk mengomunikasikan produk ini perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi.
Strategi promosi merupakan suatu proses perencanaan pemasaran kepada calon konsumen dengan tujuan meraih peningkatan omzet dari volume penjualan sehingga dapat memenuhi target penjualan. Promosi juga merupakan upaya memberitahukan, menawarkan, membujuk, atau menyebarluaskan suatu barang atau jasa kepada calon konsumen dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.
Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi.
Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya.
Istilah
- Brand image : apa yang konsumen pikirkan dan rasakan ketika mendengar atau melihat sebuah brand
- Email : surat elektronik
- Image : gambar
- Loyalty Programs : program yang bisa memberikan customer akses untuk memperoleh produk baru suatu perusahaan atau brand, voucher khusus atau free product yang akan dimaksudkan untuk menjaga keberlangsungan pertumbuhan perusahaan melalui kesetiaan pelanggan
- Mobile banking : layanan yang disediakan bank untuk nasabah mudah melakukan transaksi melalui telpon genggam
- Orisinil : asli
- Promosi : upaya untuk memberitahukan produk kepada khalayak atau msyarakat
- Strategi : tindakan atau aksi yang dilakukan oleh seseorang atau perusahan
- Testimonial : pengakuan
- Up-Selling : teknik penjualan dengan cara menawarkan produk ke konsumen yang nilai produknya lebih mahal dari produk yang sedang ingin dibeli konsumen
A. Tujuan Pembelajaran
- Mengidentifikasi jenis strategi promosi
- Mengidentifikasi sasaran promosi
- Mengidentifikasi teknik promosi
B. Uraian Materi
1. Jenis Strategi Promosi
a. Periklanan (advertising)
- Cakupan yang melihat iklan tersebut banyak, karena dapat disiarkan melalui media cetak dan siar.
- Dapat digunakan sebagai pencitraan suatu produk.
- Menjadi indikator posisi perusahaan, apakah mampu melakukan product positioning.
- Mempermudah terjadinya produk positioning karena iklan dilihat dalam kehidupan sehari-hari.
- Dapat memperkenalkan product baru dengan cara yang lebih ringan dan santai, misalnya saja iklan televisi hanya 3 menit. Jika iklan tersebut menarik akan membuat konsumen tertarik akan produk tersebut karena selalu ada di benak konsumen.
- Dengan membuat iklan yang baik dan menarik, perusahaan mampu membuat produknya lebih tampil, memberikan kesan yang beda dan lebih menarik dari produk lain.
- Mengingatkan konsumen kepada suatu produk yang telah memiliki jam terbang tinggi, agar konsumen selalu menggunakan produk tersebut tidak beralih pada produk lain.
- Membantu memperkenalkan feature baru suatu produk.
- Mempermudah penyampaian informasi mengenai suatu produk.
- Membutuhkan biaya yang tinggi untuk memproduksi sebuah iklan, serta meng-update suatu iklan dengan iklan yang lebih mutakhir agar konsumen tidak melihat iklan yang itu-itu saja.
- Sering kali hanya diabaikan.
b. Promosi penjualan (sales promotion)
c. Penjualan tatap muka (Personal Selling)
- Terjadinya komunikasi 2 arah dengan calon konsumen dan sales representative.
- Calon konsumen mendapatkan segala informasi yang diperlukan dengan menanyakan segala hal yang ingin diketahui kepada sales representative. Jadi, calon konsumen terhindar dari ketidakjelasan informasi produk.
- Calon konsumen biasanya berakhir dengan "terpaksa" membeli produk tersebut karena adanya perasaan menjaga perasaan penjual karena telah berhadapan langsung dan tidak enak untuk menolak.
- Pencitraan produk akan lebih baik dengan sales representative yang handal.
- Menghindari gangguan dan hambatan jadi calon konsumen bisa fokus pada penjelasan sales representative.
- Cara promosi ini menguras waktu dan tenaga yang sangat banyak beralih dari calon konsumen yang satu ke calon konsumen lainnya.
- Sering kali setelah penjelasan yang panjang lebar dan karena sales representative tidak terlalu persuatif calon konsumen pergi dan tidak jadi membeli.
- Membutuhkan banyak sales representative yang handal, menguasai dan mengenali produk sehingga mampu menjualnya.
- Dibutuhkan strategi untuk membuat para sales representative termotivasi dalam menjual, seperti bonus dan semacamnya yang secara tidak langsung menambah biaya pemasaran.
- Berpotensi menimbulkan masalah etika, seperti membohongi calon konsumen yang bisa membawa dampak buruk bagi perusahaan.
d. Hubungan Masyarakat (Publishitas)
2. Sasaran Promosi
- Para agen dan juga distributor yang bersedia menjualkan produknya
- Pemerintah yang memerlukan produk dari perusahaan tersebut
- Mereka yang memiliki kekuasaan dan bisa memerintahkan untuk membelinya
- Seluruh masyarakat konsumen agar mereka mau membeli produk
- Para pembeli/pelanggan dari perusahaan tersebut
- Para pemakai produk tersebut pada waktu sekarang
- Masyarakat yang mempunyai daya beli.
a. Segmentasi Demografi
b. Segmentasi Geografi
c. Segmentasi Psikologi
- mulut ke mulut atau testimonial
- Promosi melalui jejaring sosial
- Loyalty Programs
- Up-Selling
- Mengadakan suatu acara
- Email dan mobile banking
- Blog dan Video
- Stiker promosi di tempat-tempat menunggu
3. Teknik Promosi
a. Memberikan kupon (coupons)
b. Price-off Deals (Discount) (Potongan harga)
c. Premium and advertising specialties (Promo spesial)
d. Contest and sweeptakes (Kontes dan undian)
e. Sampling and trial offers (Pemberian contoh produk)
- In-Store Sampling yaiu pemberian contoh produk di dalam toko.
- Door-to-door sampling yaitu pemberian contoh produk dengan mendatangi konsumen satu per satu.
- Mail Sampling yaitu mengirimkan contoh produk melalui jasa pos.
- Newspaper sampling yaitu pengiriman contoh produk melalui surat kabar.
- On-Package sampling yaitu teknik dimana contoh barang disispkan pada kemasan produk lain, sangat berguna untuk brands targeted.
- Mobile sampling yaitu membawa keluar logo untuk menghiasi mall, area rekreasi, dan pusat perbelanjaan.
- Brand (Product) placement adalah teknik promosi untuk mencapai pasar dengan memasukkan produk pada sebuah acara televisi atau film.
- Rebates (Rabat/tawaran pengembalian tunai) yaitu memberikan pengurangan harga setelah pembelian terjadi.
- Frequency (Continuity) programs yaitu teknik promosi yang mengarah kepada program-program yang berkelanjutan.
- 1Event Sponsorship yaitu menjadi sponsor pada suatu event besar yang banyak didatangi oleh konsumen.
C. Rangkuman
D. Penugasan Mandiri
- Amatilah usaha kuliner di sekitar kalian. Lihat di usaha kuliner tersebut, jenis strategi promosi apa yang digunakan! Lalu wawancara dengan pengusaha kuliner tersebut berapa besar biaya yang digunakan untuk promosi tersebut!
- Lalu, berdasarkan pengamatan kalian, apakah penyampaian promosinya sudah jelas?
E. Latihan Soal
- Jelaskan yang dimaksud dengan periklanan!
- Tuliskan kelemahan dari periklanan (advertising)!
- Sebutkan siapa saja yang menjadi sasaran promosi!
- Bagaimana cara melakukan promo terhadap usaha kuliner murah meriah!
- Sebutkan teknik promosi usaha makanan khas daerah!
KUNCI JAWABAN LATIHAN SOAL KEGIATAN PEMBELAJARAN 2
F. Penilaian Diri
- materi strategi promosi
- teori strategi promosi
- strategi promosi skripsi
- contoh strategi promosi
- strategi promosi produk
- strategi promosi makanan
- strategi promosi pdf
- jurnal strategi promosi