Materi Pengertian, Tujuan Dan Manfaat Promosi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Pengertian, Tujuan Dan Manfaat Promosi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian, Tujuan Dan Manfaat Promosi dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!
Materi Pengertian, Tujuan Dan Manfaat Promosi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA |
Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang strategi promosi makanan asli daerah.
Perlu kita pahami bahwa pemasaran tidak hanya berhubungan dengan produk, harga produk, dan pendistribusian produk, tetapi terkait pula dengan mengomunikasikan produk ini kepada konsumen agar produk dikenal dan pada akhirnya dibeli. Untuk mengomunikasikan produk ini perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi.
Strategi promosi merupakan suatu proses perencanaan pemasaran kepada calon konsumen dengan tujuan meraih peningkatan omzet dari volume penjualan sehingga dapat memenuhi target penjualan. Promosi juga merupakan upaya memberitahukan, menawarkan, membujuk, atau menyebarluaskan suatu barang atau jasa kepada calon konsumen dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.
Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi.
Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya.
Istilah
- Brand image : apa yang konsumen pikirkan dan rasakan ketika mendengar atau melihat sebuah brand
- Email : surat elektronik
- Image : gambar
- Loyalty Programs : program yang bisa memberikan customer akses untuk memperoleh produk baru suatu perusahaan atau brand, voucher khusus atau free product yang akan dimaksudkan untuk menjaga keberlangsungan pertumbuhan perusahaan melalui kesetiaan pelanggan
- Mobile banking : layanan yang disediakan bank untuk nasabah mudah melakukan transaksi melalui telpon genggam
- Orisinil : asli
- Promosi : upaya untuk memberitahukan produk kepada khalayak atau msyarakat
- Strategi : tindakan atau aksi yang dilakukan oleh seseorang atau perusahan
- Testimonial : pengakuan
- Up-Selling : teknik penjualan dengan cara menawarkan produk ke konsumen yang nilai produknya lebih mahal dari produk yang sedang ingin dibeli konsumen
A. Tujuan Pembelajaran
- Mendeskripsikan pengertian promosi
- Mengidentifikasi tujuan promosi
- Mengidentifikasi manfaat promosi
B. Uraian Materi
1. Pengertian Promosi
a. Harper Boyd
b. Swastha
c. Boone & Kurtz
d. Tjiptono
e. Kotler
f. Gitosudarmo
2. Tujuan Promosi
- Merangsang pembelian kembali.
- Mendapatkan para konsumen baru.
- Memberi pengaruh terhadap pembelian produk yang baru serta menyaingi strategi promosi penjualan yang dilakukan pesaing.
- Komunikasi yang terjalin dalam promosi penjualan tidak hanya komunikasi satu arah.
- Meningkatkan performa kerja perusahaan.
- Menyinergikan aktivitas sumber daya manusia pada bidang penjualan dan periklanan.
3. Manfaat Promosi
- Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen
- Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk
- Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai konsumen
- Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran
- Mengetahui strategi promosi yang tepat
- Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya
- Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi.
C. Rangkuman
D. Penugasan Mandiri
E. Latihan Soal
- Jelaskan mengenai arti penting pemasaran dalam wirausaha makanan asli khas daerah!
- Jelaskan pengertian promosi!
- Menurut kalian pentingkah promosi dalam penjualan? Jelaskan!
- Identifikasikan tujuan adanya strategi promosi!
- Identifikasikan manfaat promosi baik bagi prodsen maupun konsumen!
KUNCI JAWABAN LATIHAN SOAL KEGIATAN PEMBELAJARAN 1
- Memasarkan merupakan kunci keberhasilan suatu usaha tidak terkecuali usaha makanan khas daerah. Seberapa besar produksi makanan khas daerah yang kita hasilkan tetapi pemasaran terhadap barang yang kita produksi buruk, usaha yang kita jalani tidak akan berlanjut.
- Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup usaha serta meningkatkan kualitas penjualan yang secara tidak langsung akan meningkatkan kegiatan pemasaran dalam memasarkan produk yang dihasilkan.
- Penting, karena promosi digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan permintaan atau penjualan produk yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan laba yang diperoleh.
- Tujuan promosi sebagai berikut:
- Merangsang pembelian kembali.
- Mendapatkan para konsumen baru.
- Memberi pengaruh terhadap pembelian produk yang baru serta menyaingi strategi promosi penjualan yang dilakukan pesaing.
- Komunikasi yang terjalin dalam promosi penjualan tidak hanya komunikasi satu arah.
- Meningkatkan performa kerja perusahaan.
- Menyinergikan aktivitas sumber daya manusia pada bidang penjualan dan periklanan.
- Manfaat lain dari adanya kegiatan promosi:
- Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen
- Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk
- Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai konsumen
- Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran
- Mengetahui strategi promosi yang tepat
- Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya
- Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi.
F. Penilaian Diri
- tujuan promosi adalah
- pengertian promosi
- 3 tujuan promosi
- tujuan promosi menurut para ahli
- contoh promosi
- media promosi adalah
- jenis jenis promosi dan contohnya
- strategi promosi adalah