Materi Pengertian, Manfaat Dan Jeniis Strategi Promosi Produk Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Pengertian, Manfaat Dan Jeniis Strategi Promosi Produk Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian, Manfaat Dan Jeniis Strategi Promosi Produk Usaha Kerajinan dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!
Materi Pengertian, Manfaat Dan Jeniis Strategi Promosi Produk Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA |
Materi ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE)sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang membuat strategi promosi usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar yang meliputi identifikasi, manfaat, ragam strategi pemasaran dan melakukan promosi produk usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar.
Materi strategi promosi usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam kehidupan sehari-hari ketika anda suatu usaha yang berkaitan usaha kerajinan maka perlu memahami cara strategi promosi kegiatan usaha untuk mendapatkan keuntungan penjualan dari hasil kegiatan usaha kalian.
Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi.
Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya.
Istilah
- Strategi : Pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu
- Promosi : Segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga
- Produk : Apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Dalam tingkat pengecer, produk sering disebut sebagai merchandise
- Kerajinan : Kerajinan merupakan cabang seni yang menekankan pada keterampilan tangan lebih tinggi dalam proses pengerjaannya.
- Limbah Bangun datar : Limbah yang mempunyai, lebar dan panjang atau berbentuk 1 dimensi
A. Tujuan Pembelajaran
- Menjelaskan pengertian strategi promosi produk usaha kerajinan
- Menjelaskan manfaat promosi kegiatan usaha kerajinan
- Mengidentifikasi berbagai jenis strategi promosi kegiatan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun data
B. Uraian Materi
1. Apersepsi
2. Pengertian Strategi Promosi
3. Manfaat Promosi
1. Meningkatkan kesadaran merek
2. Identifikasi segmen
3. Meningkatkan loyalitas pelanggan
4. Meningkatkan reputasi positif produk
5. Menjaga perputaran persediaan barang
4. Strategi Promosi
a. Periklanan (advertising)
b. Promosi penjualan (sales promotion)
c. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)
d. Publisitas atau Hubungan Masyarakat
C. Rangkuman
- Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu.
- Promosi adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga.
- Strategi promosi adalah kegiatan yang terdiri dari pelaksanaan gagasan, perencanaan, dalam bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga.
- Strategi Promosi adalah
- Periklanan
- Promosi Penjualan
- Penjualan Tatap Muka
- Pubilistas atau hubungan masyarakat
D. Penugasan Mandiri
- Carilah informasi dari buku, internet, maupun dari pengusaha yang ada di daerahmu tentang strategi promosi yang dilakukan.
- Pelajari bentuk strategi tersebut tersebut, dan buatlah dalam bentuk deskripsi atau gambaran mengenai jenis usaha, produk yang dihasilkan kemudian strategi promosi yang digunakan.
E. Latihan Soal
- Jelaskan apa yang dimaksud dengan strategi promosi?
- Sebutkan manfaat promosi dalam bidang usaha kerajinan?
- mengomunikasikan produk kerajinan perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi sebutkan 4 komponen utama strategi promosi ?
Kunci Jawaban dan pembahasan
- Kegiatan yang terdiri dari pelaksanaan gagasan, perencanaan, dalam bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga.
- Manfaat promosi tidak hanya membantu perusahaan anda untuk memperkenalkan produk dengan mudah di pasar yang kompetitif tapi juga terdapat manfaat lainnya, yaitu :
- Meningkatkan kesadaran merek. ...
- Identifikasi segmen.
- Meningkatkan lalu lintas pelanggan.
- Meningkatkan loyalitas pelanggan.
- Meningkatkan reputasi positif brand.
- Periklanan,promosi penjualan, publisitas, dan penjualan tatap muka.
Pembahasan
- Strategi promosi dilakukan agar produk yang di pasarkan dapat dengan mudah dikenali oleh konsumen
- Promosi memerlukan alat yang mudah digunakan oleh produsen agar produsen dapat dengan mudah pula memberikan informasi kepada pelanggan atau konsumen.
- publisitas adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menarik perhatian orang banyak dan meningkatkan kesadaran seseorang terkait layanan dan produk suatu brand demi mendapatkan pelanggan potensial
F. Penilaian Diri
- cara menentukan strategi promosi pada usaha kerajinan
- bagaimana membuat pesan menarik agar promosi produk kerajinan berbahan limbah meningkat
- strategi pemasaran yang cocok untuk kegiatan usaha kerajinan dari bahan limbah
- melakukan pemasaran produk
- 3. bagaimana membuat pesan menarik agar promosi produk kerajinan berbahan limbah meningkat ?
- apakah tujuan promosi usaha?
- bagaimana strategi promosi usaha kerajinan limbah berbentuk bangun datar.
- jenis-jenis promosi penjualan